Transparansi Data, Pemkab Paser Terapkan E-Database

174 Humas Paser 2019-06-18

Tana Paser - MCKabPaser, Sebagai bentuk tranparansi kepada publik atau masyarakat, Pemerintah Kabupaten Paser menerapkan pengelolaan data berbasis elektronik (e-database) sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2019.

Sosialisasi Perbup tersebut Asisten Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser Ina Rosana di ruang rapat Sadurengas,  Selasa (18/6), bersama Kepala Bappeda Paser Muksin dan perwakilan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah. 

“Dari sosialisasi ini kita dapat menghasilkan data pembangunan yang berkualitas dan efektif, data yang akurat, aktual, lengkap, dan semua orang mudah mengaksesnya,” kata Ina Rosana membacakan sambutan Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi. 

Ina mengatakan, data yang berkualitas sangat dibutuhkan dalam setiap proses perencanaan pembangunan sebagai material yang sangat signifikan dalam perencanaan pembangunan. 

Oleh karenanya agar data itu dapat tersaji dengan baik dan efektif, perlu adanya pengelolaan data pembangunan yang menggunakan elektronik. 

“Karena di era 4.0, teknologi elektronik sangat membantu untuk pengelolaan data perencanaan.  Tidak ada salahnya, kita sebagai pelayan masyarakat, menggunakan teknologi elektronik untuk pengelolaan data-data pembangunan,” ucap Ina. 

Ina mengajak kepada OPD untuk meninggalkan paradigma lama yaitu pengelolaan data secara manual yang cenderung memperlambat pekerjaan dan menghasilkan data-data yang tidak akurat dan kurang aktual. 

Sementara Kepala Bappeda Paser Muksin menambahkan, dengan penerapan e-database itu akan menjadi acuan pemerintah dalam peneranan Sistem Informasi Daerah Dalam Angka (Sidda)

“Ini akan memudahkan kami dalam penerapan Sidda. Dengan e-database ini, setiap OPD bisa dengan mudah memperbaharui data secara berkala,” kata Muksin.

Sidda yang sudah dikelola secara elktronik ini lanjut Muksin, bagi Pemkab Paser akan sangat mudah dalam penyusunan rencana pembangunan daerah.

“Jika pemerintah mampu memperoleh data yang berkualitas melalui e-database ini, maka akan memudahkan kami menyusun rencana pembanguan daerah dalam waktu kedepan,” tukas Muksin. (MC Kabupaten Paser)


33 Kominfo Paser 2021-07-14

Satgas COVID-19 Paser Gelar Rapat Evaluasi PPKM Mikro

TANA PASER, MCKabPaser – Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Paser menggelar rapat evaluasi
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro,... Selengkapnya


15 Kominfo Paser 2021-07-13

Lestarikan Cagar Budaya, Disdikbud Paser Gelar Gebyar Museum Sadurengas

TANA PASER, MCKabPaser – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Paser menggelar Gebyar Museum
Sadurengas pada 12 hingga 15 Juli 2021... Selengkapnya


24 Kominfo Paser 2021-07-01

Wabup Paser Resmikan Lima Sekolah Quran Paud

TANA PASER, MCKabPaser – Wakil Bupati Paser Syarifah Masitah Assegaf meresmikan lima unit Sekolah Sekolah Paud Qurani
atau Sekolah Paud Sejenis (SPS)... Selengkapnya


32 Kominfo Paser 2021-07-01

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Bupati Paser Tinjau eks RSUD

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli meninjau gedung eks RSUD di jalan Cipto Mangunkusomo Tanah
Grogot yang saat ini menjadi tempat perawatan pasien Covid-19,... Selengkapnya




© 2012 - 2020 Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Paser Kalimantan Timur