Transparansi Data, Pemkab Paser Terapkan E-Database

417 Humas Paser 2019-06-18

Tana Paser - MCKabPaser, Sebagai bentuk tranparansi kepada publik atau masyarakat, Pemerintah Kabupaten Paser menerapkan pengelolaan data berbasis elektronik (e-database) sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2019.

Sosialisasi Perbup tersebut Asisten Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser Ina Rosana di ruang rapat Sadurengas,  Selasa (18/6), bersama Kepala Bappeda Paser Muksin dan perwakilan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah. 

“Dari sosialisasi ini kita dapat menghasilkan data pembangunan yang berkualitas dan efektif, data yang akurat, aktual, lengkap, dan semua orang mudah mengaksesnya,” kata Ina Rosana membacakan sambutan Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi. 

Ina mengatakan, data yang berkualitas sangat dibutuhkan dalam setiap proses perencanaan pembangunan sebagai material yang sangat signifikan dalam perencanaan pembangunan. 

Oleh karenanya agar data itu dapat tersaji dengan baik dan efektif, perlu adanya pengelolaan data pembangunan yang menggunakan elektronik. 

“Karena di era 4.0, teknologi elektronik sangat membantu untuk pengelolaan data perencanaan.  Tidak ada salahnya, kita sebagai pelayan masyarakat, menggunakan teknologi elektronik untuk pengelolaan data-data pembangunan,” ucap Ina. 

Ina mengajak kepada OPD untuk meninggalkan paradigma lama yaitu pengelolaan data secara manual yang cenderung memperlambat pekerjaan dan menghasilkan data-data yang tidak akurat dan kurang aktual. 

Sementara Kepala Bappeda Paser Muksin menambahkan, dengan penerapan e-database itu akan menjadi acuan pemerintah dalam peneranan Sistem Informasi Daerah Dalam Angka (Sidda)

“Ini akan memudahkan kami dalam penerapan Sidda. Dengan e-database ini, setiap OPD bisa dengan mudah memperbaharui data secara berkala,” kata Muksin.

Sidda yang sudah dikelola secara elktronik ini lanjut Muksin, bagi Pemkab Paser akan sangat mudah dalam penyusunan rencana pembangunan daerah.

“Jika pemerintah mampu memperoleh data yang berkualitas melalui e-database ini, maka akan memudahkan kami menyusun rencana pembanguan daerah dalam waktu kedepan,” tukas Muksin. (MC Kabupaten Paser)


175 Kominfo Paser 2022-06-29

Pemda Paser Pastikan Kesiapan Venue Popda Kaltim

Pemerintah Daerah Kabupaten Paser memastikan kesiapan venue beserta perlengkapan olahraga untuk penyelenggaraan kegiatan
Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kaltim yang akan digelar 28 Oktober mendatang.... Selengkapnya


226 Kominfo Paser 2022-06-29

Bersama Kementerian Perhubungan, Bupati Fahmi Bahas Analisa Kebijakan Bandara
Paser

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menghadiri pembahasan analisa kebijakan terhadap Bandar Udara Pemerintah Kabupaten (Pemkab)
Paser bersama oleh Kementerian Perhubungan Badan Kebijakan Transportasi... Selengkapnya


209 Kominfo Paser 2022-06-28

Hadiri Rakor Satu Data, Bupati Paser Tanda Tangani Komitmen Bersama Dengan
Seluruh OPD Dan Camat

Hadiri Rakor Satu Data, Bupati Paser Tanda Tangani Komitmen Bersama Dengan Seluruh OPD Dan Camat... Selengkapnya


205 Kominfo Paser 2022-06-27

Wakil Bupati Paser Ikuti Peringatan HANI 2022 Secara Virtual

Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf selaku Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) mengikuti peringatan Hari
Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2022... Selengkapnya




© 2012 - 2020 Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Paser Kalimantan Timur