Bupati dr Fahmi Sampaikan Teori Abraham Maslow

509 Humas Paser 2021-09-18 12:05:52

TANA PASER- Saat menyampaikan kuliah umum pada kegiatan Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar, Sabtu (18/09/202/), Bupati Paser dr Fahmi Fadli menyampaikan teori Abraham Maslow. Dimana  Hirearki Kebutuhan Maslow menggambarkan jika terdapat 5 kebutuhan dasar manusia yang meliputi kebutuhan fisiologis, keamanan, kasih sayang, rasa memiliki, penghargaan dan aktualisasi diri.

Menurut Bupati, pendidikan memegang peranan yang sangat penting di dalam meningkatkan sumber daya manusia yang handal. Rendahnya kualitas pendidikan menjadi penyebab dari krisisnya sumber daya manusia. Mengingat saat ini zaman semakin merambah maju, yang mana otomatis turut berpengaruh pada perkembangan ekonomi. Sehingga, sudah sepatutnya jika lapangan pekerjaan membutuhkan sumber daya manusia yang benar-benar kompeten untuk bersinergi bersama.

“Masalah pendidikan yang perlu diatasi, belum meratanya pendidikan di Indonesia termasuk didaerah-daerah, rendahnya kesadaran menuntut ilmu dan rendahnya literasi animo membaca yang kurang,” kata Fahmi.

Pendidikan sebagai proses peningkatan SDM  lanjutnya  adalah serangkaian proses belajar yang harus dilalui oleh setiap orang untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Hasil yang nantinya dicapai adalah terciptanya sumber daya manusia yang kompeten dan sesuai dengan tuntutan pembangunan. Di mana dirinya memiliki soft skill dan hard skill yang baik sesuai dengan apa yang diharapkan oleh lapangan pekerjaan.

“Peran pemerintah dalam peningkatan SDM  melalui pendidikan adalah kunci utama mengembangkan bibit unggul penerus bangsa, maka untuk itulah pemerintah dalam berbagai kebijakan memberikan pendidikan gratis sebagai hak setiap warganya. Karena hal ini adalah dasar dalam membangun sumber daya manusia yang unggul,” sebut Bupati.

Selanjutnya Sumber daya manusia adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. Pada  hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi itu.

Kemajuan suatu daerah khususnya, serta negara umumnya, amat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Disamping faktor-faktor lain seperti sumber daya alam, infrastruktur dan sosial budaya serta modal dan kestabilan politik. Namun sumber daya manusia memiliki peran untuk mengelola semua komponen.

Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. Pada  hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi itu.

Hal itu kata Fahmi sejalan visi Paser MAS, (Maju, Adil dan Sejahtera) yakni Mewujudkan Perekonomian Daerah yang Mandiri dan Berdaya Saing, Meningkatkan tata kelola permerintahan yang efektif dan efisien melalui pemerintahan yang profesional, partisipatif dan transparan, Mengurangi Ketimpangan Antarwilayah melalui Peningkatan Aksesibilitas Infrastruktur yang Berwawasan Lingkungan dan Berkelanjutan dan Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing

“Karena itu dalam meningkatkan kualitas SDM, Pemkab Paser dalam hal peningkatan kualitas SDM telah melakukan kerjasama dalam hal tridharma perguruan tinggi bersama dengan Universitas Indonesia Timur yang meliputi: Pendidikan,Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat,” sebutnya

Harapan Pemkab Paser terhadap UIT Makassar sebut Fahmi memberikan proses pendidikan terbaik kepada 72 Mahasiswa/i peserta Kartu Indonesia Pintar Program KEMENDIKBUD RISTEK yang berasal dari Kabupaten Paser yang tersebar pada 22 Program Studi yang ada di Universitas Indonesia Timur Makassar.

“Selain itu menjadi lulusan yang berdaya guna kelak lulus tepat waktu dan dapat berkontribusi bagi daerah,” tambahnya. (humas)

 


161 Humas Paser
2021-10-27 12:30:23

Staf Ahli Bupati Hadiri Peresmian Gereja Kerta Bumi

TANA PASER- Bupati Paser diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Rakyat Arief Rahman, berkesempatan untuk
menghadiri peresmian Gereja Katolik Stasi Maria Mater Dolorosa, bertempat di Desa Ke... Selengkapnya


141 Humas Paser
2021-10-26 12:52:56

Penuhi Kebutuhan  Air Bersih, PPU Rencana Ambil ke Paser

TANA PASER- Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Paser dan Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) bahas rencana kerjasama memenuhi
kebutuhan air bersih yang masih defisit di kabupaten Calon Ibu Kota Negara (I... Selengkapnya


207 Humas Paser
2021-10-25 03:15:12

Bupati Sambut Baik Muhibah Budaya Kaltim

TANA PASER – Bupati Paser dr Fahmi Fadli menyebut Muhibah Budaya Kalimantan Timur yang berlangsung di Art Center atau
Gedung Ksirarnawa Denpasar Bali sebagai salah satu cara positif dalam melakukan pr... Selengkapnya


150 Humas Paser
2021-10-24 09:01:54

Bupati Paser Menghadiri Muhibah Budaya di Bali

TANA PASER – Bupati Paser dr Fahmi Fadli dijadwalkan hadir pada pagelaran kebudayaan Muhibah Budaya yang digelar di
Gedung Ksirarnawa Denpasar, Senin (25/10)... Selengkapnya


236 Humas Paser
2021-10-22 10:54:15

Atlit NPC Paser Dilepas Menuju Peparnas Papua

TANA PASER – Para atlit Paser yang akan berlaga di Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) ke-16 Papua dilepas secara
resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Romif Erwinadi mewakili Bupati Paser dr Fah... Selengkapnya




© 2012 - 2020 Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Paser Kalimantan Timur