Berita

Home / Berita

Bukit Sembinai Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2018


TANA PASER (www.paserkab.go.id) - Bukit Sembinai yang merupakan hamparan bebatuan karst yang menjulang tinggi berada di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, ternyata memiliki pesona wisata alam dan masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia tahun 2018 kategori "Surga Tersembunyi Terpopuler". Ini merupakan kali kedua Kabupaten Paser masuk dalam nominasi ajang tersebut, setelah tahun lalu tarian asal Paser yaitu Ronggeng Paser masuk dalam kategori "Atraksi Budaya Terpopuler".

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Paser, Ishak mengharapkan dukungan masyarakat agar destinasi wisata alam itu dapat menerima predikat Surga Tersembunyi Terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia tahun ini.

"Kami mohon dukungannya kepada masyarakat Kabupaten Paser untuk mendukung Bukit Sembinai sebagai surga tersembunyi terpopuler" kata Ishak di Tanah Grogot, Rabu (4/7) lalu.

Ia mengatakan masyarakat dapat  memberikan dukungannya agar Bukit Sembinai ditetapkan menjadi salah satu destinasi  wisata  yaitu dengan mengirim pesan singkat (SMS) ke nomor 99386. Caranya dengan ketik API spasi 18C kirim 99386. Pengumpulan pesan dukungan itu berlaku sejak 1 Juni hingga 31 Oktober 2018. 

Ishak menjelaskan menuju Bukit Sembinai bisa ditempuh lewat jalur darat dari Tana Paser, meskipun  jaraknya cukup jauh dari ibu kota Kabupaten Paser dengan jalan berkelok, namun sepanjang jalan dapat dilihat  indahnya hamparan pemandangan kebun kelapa sawit .

Bukit Sembinai merupakan salah satu objek wisata yang berada di Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang. Diperlukan kehati-hatian untuk menuju Bukit Sembinai, karena selain melalui jalan setapak  sekitar 1,5 kilometer, juga harus menelusuri tebing di pinggiran Sungai yang terjal.

"Sebelum kita sampai di Bukit Sembinai, ada gua yang cukup besar yang dilalui, gua itu memiliki ruangan cukup luas, tinggi langit-langitnya  mencapai 10 sampai 11 meter.  Gua itu diberi nama Haji Saini oleh masyarakat setempat,"katanya.

Lanjut Ishak sebagian ruangan cukup mendapat cahaya dari mulut gua, sedangkan sebagian lagi terlihat gelap karena bentuk ruangan berbelok atau melengkung, sehingga cahaya tidak bisa masuk secara penuh dari mulut gua.

"Kami  berharap dengan masuknya Bukit Sembinai dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati para wisatawan lokal  maupun mancanegara,"ujar Ishak. (Diskominfostaper-Paser)

Like