Berita

Home / Berita

Paser Terima Bantuan 95 Unit Mesin Pompa Air


Kepala Seksi Pupuk, Alat dan Mesin pada Dinas Pertanian Kabupaten Paser, Heru Yulianto.

 

TANA PASER (www.paserkab.go.id) - Tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melalui Dinas Pertanian menerima bantuan 95 unit mesin pompa air yang diperuntukkan bagi beberapa kelompok tani yang tersebar disejumlah kecamatan di Kabupaten Paser.

Kepala Seksi Pupuk, Alat dan Mesin pada Dinas Pertanian Kabupaten Paser, Heru Yulianto mengatakan, 95 unit mesin pompa air tersebut merupakan bantuan yang anggarannya berasal dari APBN tahun 2018.

"Dari 95 unit pompa air tersebut, 35 unit diantaranya berasal dari bantuan aspirasi anggota DPR-RI daerah pemilihan (Dapil) Kaltim dan sisanya berasal dari APBN murni," ungkap Heru, Rabu (9/5) saat menerima bantuan 95 unit mesin pompa air di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Paser.

Adapun penerima bantuan tersebut antara lain para Kelompok Tani, Usaha Penyedia Jasa Alat Pertanian, Gabungan Kelompok Tani dari beberapa kecamatan yang potensial dibidang pertanian.

Menurut Heru, penerima bantuan adalah kelompok tani, Usaha Penyedia Jasa Alat Pertanian, Gabungan Kelompok Tani dari beberapa kecamatan potensial pertanian.

“Kecamatan potensial pertanian antara lain Long Kali, Long Ikis, Tanah Grogot dan Kecamatan Paser Belengkong. Dan saat ini kita sedang memverfikasi penerimanya untuk disalurkan,” jelasnya

Heru menambahkan, sebelum menyerahkan bantuan mesin pompa tersebut, saat ini timnya sedang melakukan verifikasi kepada calon penerima bantuan agar tidak salah sasaran  dan penyerahan secepatnya dilakukan kepada para kelompok tani yang tersebar di Kabupaten Paser.

Dengan bantuan alat yang diberikan kata dia, petani akan dimudahkan untuk mengairi lahannya terutama pada saat musim kemarau atau kekeringan. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya mesin pompa air dapat membantu percepatan tanam dan pengolahan lahan pertanian

“Kami harap setelah petani menggunakan masin pompa air, terjadi peningkatan, pola tanam, produktivitas dan pendapatan usaha tani, sehingga maka otomatis kesejahteraan  para petani akan meningkat pula”harapnya. (Diskominfostper Paser)

Like