Berita

Home / Berita

Bupati Canangkan Desa Sangkuriman Jadi Kampung KB


TANA PASER - Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat pedesaan melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas, bupati paser kembali mencanangkan kampung KB di kecamatan paser belengkong desa sangkuriman, Selasa (8/8) setelah sebelumnya telah dilaksanakan di kecamatan long kali desa sebakung dan desa batu butok kecamatan muara komam.

Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas pembentukan dan pencanangan Kampung KB di Desa Sangkuriman. Dimana setiap kecamatan di kabupaten Paser dibentuk satu kampung keluarga berencana.

“Ini berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 dan tindak lanjut arahan presiden agar manfaat program KB dapat lebih dirasakan  secara langsung oleh masyarakat dan menyangkut masalah pengendalian penduduk,” terang Yusriansyah.

Ia menghimbau diperlukan sinergis dan kerja sama yang baik antara stakeholder, jajaran TNI, Polri, antar pemerintah dan masyarakat, swasta untuk bersama-sama membangun melalui kampung KB.

“Jadi jangan berhenti hanya pada pencanangan, tapi harus ada aksi dan gerakan karena dengan kampung KB diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup manusia dan keluarga pra sejahtera untuk menuju yang lebih baik,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas PPKBPP dan PA Kabupaten Paser Faulina Widryani menyampaikan dasar pelaksanaan kampung KB, yakni Instruksi presiden guna percepatan peningkatan kesejahteraan keluarga dan peningkatan kualitas SDM, Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/70/SJ tentang Pencanangan Pembentukan Kampung KB. 

“Tujuannya kampung KB ini demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung melalui program kependudukan, pembangunan keluarga, dan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas,” pungkasnya. 

Dalam kesempatan itu, pencanangan kampung KB  Kembang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Ketua TP PKK Paser, Camat Pasir Belengkong, Koramil Pasir Belengkong, Polsek Paser Belengkong, UPTD Puskesmas Pasir Belengkong, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat serta masyarakat Desa Sangkuriman. (man)

Sumber : http://humas.paserkab.go.id/berita/bupati-canangkan-desa-sangkuriman-jadi-kampung-kb

Like