Berita

Home / Berita

Pembukaan Pelatihan “Paser Craft” oleh DEKRANAS


Tana Paser – Sebagai tindak lanjut dari Pelantikan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah  (DEKRANASDA) sebelumnya, Pengurus Dekranas Pusat, Dekranasda Kabupaten Paser dan PT BUMA bekerjasama melaksanakan Pelatihan dan Bimbingan kepada para perajin di Kabupaten Paser bertempat di Aula Pendopo. Senin (07/08).

Dihadiri Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, Sekjend Dekranas Euis Saedah, Bendahara Dekranas Andi Marceliya Hamid Awaludin beserta rombongan, Para Narasumber dan Instruktur dari Dekranas, Ketua Dekranasda Kab. Paser Hj Mutiarni Yusriansyah, Wakil Ketua Dekranasda Kab. Paser, Mewakili Dandim 0904/Tng, Mewakili Kejaksaan Negeri, Pimpinan PT BUMA Teguh Susilo dan Aviadi Heru beserta Peserta pelatihan.

Acara resmi berlangsung dengan penyematan tanda pelatihan secara simbolis kepada masing-masing perwakilan mata diklat oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Paser HJ Mutiarni Yusriansyah.

Peserta mata diklat masing-masing daerah dengan jumlah peserta sebanyak 85 orang, dirincikan, Batik dari Tanah Grogot peserta 15 orang, Purun dari Desa Tepian Batang peserta 15 orang, Rotan dari Desa Uko, Muara Langon, Sungai Terik, Laburan dan Sakuro Jaya peserta 15 orang, Batok Kelapa Desa Maruat peserta 15 orang, Sabut Kelapa Desa Maruat 15 orang serta Tenun Desa Olung berjumlah 10 orang.

Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi secara resmi membuka pelatihan, dalam sambutannya mengatakan satu hal yang perlu diingat bahwa pelatihan ini sangat bernilai serta bermanfaat dan yang terpenting pasca pelatihan dalam menjalankan produksi,bagaimana Dekranasda Kabupaten Paser dan PT BUMA dapat memberikan peningkatan kerjasama kemitraan permodalan dan kelembagaan sehingga masalah yang biasanya muncul setelah proses produksi bisa di tangani dan terselesaikan dengan baik.

Dalam sambutannya Ibu Andi Marceliya Hamid selaku Ketua Tim Pelaksana mengatakan, sasaran dari kegiatan pelatihan ini sendiri ditujukan kepada para perajin yang telah ada dan masyarakat yang memiliki potensi untuk dibina dan dikembangkan.

Kegiatan pelatihan terdiri dari 6 sentra kerajinan yang menjadi sasaran dan lokasi yang terdiri dari :

  1. Sentra Rotan, Desa Breweh Kecamatan Long Kali
  2. Sentra Purun, Desa Tepian Batang Kecamatan Tanah Grogot
  3. Sentra Tenun, Dusun Ranjung Desa Olung Kecamatan Long Ikis
  4. Sentra Batok Kelapa, Desa Maruat Kecamatan Long Kali
  5. Sentra Sabuk Kelapa, Desa Maruat Kecamatan Long Kali
  6. Sentra Batik, Tanah Grogot, Kecamatan Tanah Grogot.

 

Sasaran pelatihan ini sendiri ditujukan kepada masyarakat dalam usia produktif, total peserta pelatihan 60 orang untuk masing-masing sentra, waktu pelaksanaan ini sendiri dibagi dalam beberapa tahap pertemuan yaitu sebulan sekali dimulai pada bulan Agustus 2017. Untuk lokasi dipusatkan di daerah/lokasi tempat tinggal/workshop perajin yang sudah ada. (man)

Sumber : http://diskominfo.paserkab.go.id/index.php/web/posts/85/Pembukaan-Pelatihan-Paser-Craft-oleh-DEKRANAS-

Like