Berita

Home / Berita

Perkuat Diversifikasi Sumber Ekonomi Daerah, Bupati Paser Hadiri Rakorpusda


BALIKPAPAN - Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi, Jum'at (14/7) menghadiri Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Bank Indonesia  (Rakorpusda) yang digelar di Gran Senyiur Hotel Balikpapan. 

Rapat yang bersifat tertutup dari media ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardoyo didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi. Turut hadir Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak bersama Gubernur se-Kalimantan, serta Walikota dan Bupati se-Kalimantan Timur.

Mengangkat tema Mendorong Strategi Kebijakan Diversifikasi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Daerah untuk Menjaga Momentum Perbaikan Ekonomi Nasional, tema ini sebagai langkah awal mendukung upaya mewujudkan program kerja pemerintah dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi.  Melalui  Rakorpusda ini diharapkan dapat memberikan masukan dan rekomendasi dalam mewujudkan diversifikasi su pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya Kaltim, dalam mendukung perbaikan ekonomi nasional.

Seperti diketahui bersama saat ini struktur ekonomi Kaltim masih didominasi tambang dan hasil pengolahannya. Oleh karena itu pemerintah pusat berupaya mendorong kekuatan ekonomi baru di Kaltim, termasuk mendorong pengembangan kawasan industri dan pariwisata.

Struktur sumber pertumbuhan yang berimbang, baik antar sektor ekonomi maupun antar daerah, sangat strategis dalam menjaga stabilitas ekonomi dan memperkuat kesinambungan pertumbuhan ekonomi. 

Rapat tersebut juga membahas dinamika perekonomian nasional beberapa tahun terakhir yang memberikan pelajaran penting dimana struktur perekonomian nasional yang terkonsentrasi hanya kepada beberapa sektor, terutama kepada sektor komoditas primer, dapat menyebabkan perekonomian Indonesia rentan terhadap gejolak global. 

 

Rapat yang diagendakan mendengar pandangan dari menteri dan kepala daerah serta para peserta tersebut diharapkan mampu menghasilkan berbagai langkah terintegrasi untuk memperluas diversifikasi sumber pertumbuhan ekonomi serta memperkuat sinergi dan koordinasi kebijakan guna menjaga stabilitas perekonomian nasional. (rw)

Sumber : http://humas.paserkab.go.id/berita/perkuat-diversifikasi-sumber-ekonomi-daerah-bupati-paser-hadiri-rakorpusda#.WWl4v3i_xkk.facebook

 

 

Like