Berita

Home / Berita

Penerima beras sejahtera atau rastra di Kabupaten Paser sebanyak 14.606 KPM atau Keluarga Penerima Manfaat


paserkab.go.id - “Ada 14.606 KPM yang mendapatkan program rastra tahun 2017,” kata Wakil Bupati Paser Mardikansyah saat peluncuran program rastra di Tanah Grogot, Senin (17/4).
Program rastra merupakan program bantuan beras kepada keluarga tidak mampu, yang mana program ini sebelumnya bernama raskin atau beras miskin.
Peluncuran program rastra di Paser dihadiri asisten Kesejahteraan Rakyat Asmuni Samad, Kepala Dinas Sosial Amirudin, Ketua Baznas Paser, Camat se-Kabupaten Paser dan Kepala Bulog Kabupaten Paser, Rendy Hidayat.
Mardikansyah mengatakan, masyarakat yang ekonomi kelas menengah ke bawah dan masyarakat miskin di Paser sangat membutuhkan bantuan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pangan. Masyarakat miskin di Paser kata Mardikansyah jumlahnya yakni berada pada 7,9 persen dari jumlah penduduk daerah itu. Oleh karena itu lanjut ia, Pemkab Paser juga telah menggratiskan biaya ongkos angkut rastra yang akan dibagikan kepada masyarakat setempat. 
“Pemkab Paser telah menggratiskan ongkos angkut dari tempat distribusi ke masyarakat. Oleh karena itu mari sama-sama kita mendukung program ini dengan optimalisasi penyaluran Rastra yang sesuai aturan dan tepat sasaran.
Pemkab Paser kata Mardikansyah berharap program rastra dapat diterima secara utuh oleh masyarakat tanpa adanya pemotongan.
Mardikasyah berharap kepada kepada tim koordinasi yang sebelumnya telah dibentuk, untuk terus melaksanakan pengawasan baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun tingkat Desa sehingga tidak terjadi penyelewengan dalam penyaluran beras Rastra kepada masyarakat
“Pemkab Paser juga menginstruksikan kepada para Camat yang belum membentuk tim koordinasi agar dapat membentuk tim tersebut untuk memudahkan dalam pengawasan terhadap penyaluran Rastra,” terang Mardikansyah.
Pada tahun selanjutnya Pemkab berharap penerima program rastra di daerah itu semakin berkurang. “Jika penerima rastra berkurang, itu artinya tingkat kesejahteraan masyarakat terus meningkat,” tutur Mardikansyah.(KIP8)

Like